get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Tinjau Bendungan Sepaku Semoi, Presiden Jokowi Pastikan Suplai Air Bersih IKN Nusantara Siap Minum 

Rabu, 22 Juni 2022 | 18:44 WIB
header img
Bendungan Sepaku Semoi akan memasok air bersih siap minum ke IKN Nusantara. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penduduk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak akan direpotkan dengan masalah air minum. Suplai air bersih dari Bendungan Sepaku Semoi dipastikan sudah siap dikonsumsi langsung tanpa perlu melalui proses pemasakan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan persemaian Mentawir, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (22/6/2022). 

Jokowi mengatakan, bendungan tersebut akan menyediakan kebutuhan air bersih bagi sekitar 1,5 juta penduduk IKN nantinya. “Bendungan ini akan menjadi penyuplai utama kebutuhan air bersih IKN Nusantara. Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum,” kata Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, keberadaan Bendungan Sepaku Semoi menjadi bukti jika pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara telah dimulai. Untuk Juli nanti, kata Jokowi, kawasan IKN akan mulai tersambung dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono. Basuki menegaskan air yang disalurkan di IKN nantinya harus bisa diminum langsung. “Kalau (air) enggak bisa diminum langsung, percuma (ibu kota) kita pindah,” ucap Basuki.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat diselesaikan lebih cepat dari rencana.  Semula bendungan ini akan rampung pada Desember 2023. 

Namun Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jarot Widyoko menyanggupi untuk menyelesaikan pada awal 2023.  “Dengan adanya percepatan, kami menargetkan akan selesai pada Januari atau Februari 2023,” ucap Jarot. 

Turut hadir dalam peninjauan Bendungan Sepaku Semoi yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut