get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

IKN Nusantara Rawan Serangan Rudal Kapal, TNI AL Segera Bangun Dua Komando Baru

Jum'at, 01 Juli 2022 | 10:07 WIB
header img
KASAL Laksamana Yudo Margono akan membangun dua Kodamar untuk mengamankan IKN Nusantara. (foto: dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - TNI Angkatan Laut (AL) akan mendirikan dua Komando Daerah Maritim (Kodamar) untuk memperkuat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pasalnya, wilayah tersebut rawan serangan rudal dari kapal perang. 

Kodamar ini akan dibangun di wilayah barat yakni Pontianak dan timur ibu kota baru tepatnya di Tarakan dan Balikpapan. Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono saat meninjau lahan Markas Besar Angkatan Laut (Mabes) AL di IKN Nusantara, Kamis (30/6/2022).

"Kemarin kita lihat di peta, kerawanan yang mungkin terjadi adanya rudal dari laut ke permukaan. Kedua adalah penguasaan melalui laut dan pantai. Sehingga di sini perlu pertahanan pantai yang kuat," ucap Yudo dalam keterangan yang diterima, Jumat (1/7/2022). 

Dia menjelaskan, pertahanan kuat dibutuhkan lantaran itu sudah merupakan tugas TNI AL di dalam Operasi Gabungan TNI. Salah satunya juga terkait pertahanan pantai. "Sehingga ini Kodamar-Kodamar nanti yang akan melaksanakan tugasnya nanti sebagai Panglima-Panglima Komando Pertahanan Pantai," ucapnya.  

Tak hanya itu, dia menyampaikan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) harus seimbang. Baik itu dari segi KRI, Pesud, Marinir maupun Pangkalan. 

"Kekurangan personel akan kita penuhi, kita bangun markasnya, tentunya tetap secara seimbang, IKN sudah ditentukan di sini maka pertahanan pantai kita yang harus kita perkuat," kata Yudo.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut