get app
inews
Aa Read Next : Bagikan Daging Kurban, Warga Kaltim Diimbau Tak Pakai Kantong Plastik

5 Hadist Shahih Tentang Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Keutamaan dan Pahalanya

Minggu, 10 Juli 2022 | 06:57 WIB
header img
Hadist Shahih tentang memotong hewan kurban di hari raya Idul Adha. (Foto: Billy/doc iNews)

5 Hadist Shahih Tentang Keutamaan Kurban di Hari Raya Idul Adha, Hikmah dan Pahalanya

JAKARTA, iNewsKutai.id - Berkurban pada hari raya Idul Adha sangat dianjurkan. Hal ini tertuang dalam sejumlah hadist yang menjadi rujukan dalam melaksanakan amalan-amalan utama saat Idul Adha.

Hari ini, seluruh umat Islam di Indonesia merayakan Idul Adha. Tidak menggelar salat Ied, bagi umat Muslim yang mampu, melakukan ibadah kurban dengan memotong sapi maupun kambing atau domba.

Berkurban memang menjadi salah satu amalan paling dianjurkan pada perayaan Idul Adha. Hal itu didasarkan pada firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Al Quran, Surah Al Kautsar ayat 2.

فصل لربك وانحر

“Maka shalatlah kamu untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!” (Qs. Al Kautsar: 2)

Perayaan ini identik dengan pemotongan hewan kurban yang dilakukan hingga hari tasyrik atau 3 hari setelah Idul Adha. Anjuran berkurban itu termaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَۙ

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj: 34)

Selain sumber Al Quran, ada juga beberapa hadits yang menyebutkan tentang keutamaan berkurban. Dilansir iNews.id dari Portal Kemenag Jabar, Selasa (28/6/2022), ada beberapa hadits tentang keutamaan qurban memuat beberapa pelajaran penting.

Berikut 5 Hadits Tentang Keutamaan kurban:

1. Kurban adalah Amalan yang Dicintai Allah

Dari 'Aisyah menuturkan, Rasulullah SAW bersabda bahwa qurban adalah amalan Idul Adha yang paling dicintai Allah. Hal itu diriwayatkan dalam hadits berikut:

“Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibnu Majah: 3117)

2. Kurban adalah Amalan Paling Utama di Idul Adha

Kurban menjadi amalan paling utama di Hari Raya Idul Adha. Hal itu sebagaimana termaktub dalam hadits berikut: "Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berqurban.” Para sahabat berkata, “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi." (HR Bukhari dari Ibnu Abbas).

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut