get app
inews
Aa Read Next : Dipermalukan Madura United di Stadion Batakan, Asa Borneo FC Juara Liga 1 Sirna

Jelang 1 Suro, Kerbau Bule Keraton Solo Melahirkan 1 Anakan Jantan

Minggu, 24 Juli 2022 | 17:22 WIB
header img
Prosesi kebo bule sebelum diarak dalam Kirab Malam 1 Suro di Solo. (Foto: doc. Ahmad Antoni)

SOLO, iNewsKutai.id – Setelah sempat kehilangan satu ekor kerbau bule akibat terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), kini Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) sudah memiliki penggantinya. 

Seekor kerbau bule (albino) milik keraton bernama Nyai Juminten melahirkan anak kerbau jantan. Meski indukan kerbau berusia 9 tahun itu baru saja menjalani pemulihan usai terjangkit PMK, anaknya dipastikan sehat.

"Tidak terjangkit penyakit, hanya belum mau menyusu karena induknya kurang napsu makan," kata Srati atau pawang kerbau bule, Heri Sulistyo saat ditemui di Alun-Alun Kidul, Sabtu (23/7/2022) malam. 

Dia menceritakan, proses persalinan Nyi Juminten dibantu dokter hewan Bambang Irawan. "Lahirnya tadi pukul 24.00 WIB, kemudian sudah disuntik dan diberi vitamin, ari-ari kerbau nya juga sudah keluar dan dikubur," katanya.

Menurut Heri, setelah dirawat, bayi kerbau tersebut nantinya akan dibancaki (syukuran) sekaligus diberi nama."Bancaannya hari Rabu (27/7/2022) pukul 11.00 WIB," katanya.

Heri juga menceritakan, saat ini induk dan bayi kerbau dipisah dari kawanan yang lain agar tidak terinjak-injak dan masih harus mendapat pengawasan intensif. 

"Kalau Somali (bapak bayi kerbau) dikandangkan di timurnya, tetapi masih dalam satu area, hanya disekat saja," ujarnya. 

Sementara itu, ditanya ihwal keikutsertaan kerbau pada Kirab Malam 1 Suro, Heri mengatakan jika pihaknya belum memutuskan secara pasti. 

"Lihat kondisi dulu, karena kasihan juga kalau diajak jalan jauh, saat ini masih fokus untuk perawatan dan pemulihan," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut