get app
inews
Aa Read Next : Kejagung Tetapkan Anggota Komisi IV DPR Ismael Thomas Tersangka, Ditahan di Rutan Salemba

Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana, 30 Jaksa Siapkan Tuntutan bagi Irjen Ferdy Sambo Cs

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:17 WIB
header img
Kejagung menyiapkan 30 jaksa penuntut umum dalam kasus Irjen Ferdy Sambo. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyiapkan 30 jaksa penuntut umum untuk mengawal kasus tewasnya Brigadir J alias Nopryansah Yoshua Hutabarat dengan tersangka utama Irjen Ferdy Sambo dan tiga bawahannya.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengungkapkan, 30 jaksa tersebut ditunjuk setelah Kejagung menerima surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) kasus pembunuhan berencana tersebut.

"Kejagung sudah menerima SPDP. Sudah ditunjuk 30 JPU untuk menangani perkara tersebut," kata Ketut di Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

Diketahui, Polri menetapkan empat tersangka kasus penembakan Brigadir J. Mereka yaitu Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, asisten rumah tangga sekaligus sopir Kuat Ma'ruf, dan Bripka Ricky Rizal.

Dalam kasus ini, Polri memastikan tidak ada peristiwa tembak-menembak. Bharada E disuruh menembak Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo. Irjen Ferdy Sambo pun diduga memainkan perannya sebagai pihak yang melakukan skenario agar kasus Brigadir J muncul ke publik dengan isu baku tembak.  

Dalam hal ini, Ferdy Sambo menembak dinding di lokasi kejadian dengan pistol milik Brigadir J agar seolah-olah itu merupakan tembak menembak.  Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut