Waspada, 6 Daerah di Kaltim Berpontensi Hujan Petir Disertai Angin Kencang

Antara
.
Kamis, 06 Oktober 2022 | 06:57 WIB
Enam daerah di Kaltim diprediksi akan mengalami hujan petir disertai angin kencang. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan enam daerah di Kaltim akan dilanda hujan deras disertai petir dan angin kencang sepanjang Kamis (6/10/2022) hingga Jumat (7/10/2022).

Enam daerah tersebut yakni Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, dan Kutai Barat. Warga diimbau untuk mewaspadai kemungkinan bencana hidrometeorologi

"Peristiwa ini dapat menyebabkan berbagai hal, seperti banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Rabu (6/10/2022).

BMKG, lanjut Iwan Munandar, telah menyampaikan informasi prakiraan cuaca ini telah pihaknya sampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik tingkat provinsi maupun kabupaten, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisasi dampak di masyarakat.

Rincian kabupaten yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut, Kabupaten Berau pada Kamis, sekitar pukul 17.00 WITA, hujan petir terjadi di dua kecamatan, yakni Kelay dan Segah.

Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kenohan sekitar pukul 20.00 WITA, kemudian pukul 23.00 WITA terjadi di enam kecamatan, yakni Muara Badak, Sebulu, Kembang Janggut, Kota Bangun, Marangkayu, dan Muara Kaman.

Kondisi cuaca tersebut berlanjut hingga Jumat (7/10/2022), sekitar pukul 02.00 WITA di tiga kecamatan, yakni Sebulu, Kota Bangun, dan Muara Kaman.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, pada Kamis (6//10/2022) sekitar pukul 23.00 WITA , hujan petir berpotensi terjadi hanya di Kecamatan Muara Ancalong, sedangkan kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan.

Kabupaten Mahakam Ulu sekitar pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 WITA, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Long Apari, Long Bagun, dan Long Pahangai.

Kabupaten Paser pada Kamis (6/10/2022), sekitar pukul 08.00 WITA, hujan petir berpotensi terjadi di empat kecamatan, yakni Tanah Grogot, Batu Engau, Kuaro, dan Pasir Belengkong.

Kabupaten Kutai Barat pada Kamis (6/10/2022), sekitar pukul 20.00 WITA, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Damai, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, sedangkan pukul 23.00 WITA diprakirakan terjadi di Kecamatan Damai.

Editor : Abriandi
Bagikan Artikel Ini