get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Mahalini Mualaf Sebelum Dinikahi Rizky Febian

Takut Menikah karena Terkendala Materi? Simak Nasihat Syaikh Abdul Qadir al-Jailani

Senin, 14 November 2022 | 08:36 WIB
header img
Ilustrasi takut menikah karena terkendala materi. (foto: shutterstock)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Menikah menjadi salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Namun, saat ini, tidak sedikit yang takut menikah dengan beragam alasan terutama materi. Untuk menghilangkan perasaan tersebut, ada baiknya menyimak nasihat Syaikh Abdul Qadir al-Jilani

Abdul Qadir Jilani adalah seorang ulama fiqih yang sangat dihormati oleh Sunni. Dia dianggap sebagai wali dalam dunia tarekat dan sufisme. Ia adalah orang Kurdi atau orang Persia yang diberikan penghormatan besar oleh kaum Muslim.

Abdul Qadir Jilani baru menikah diusia 51 tahun. Meski demikian, dari pernikahannya, beliau dikaruniai 20 putera dan 20 puteri dari empat orang istri.

Pernikahan ini pun disinggungnya dalam kitabnya berjudul Futuh Al-Ghaib. Terutama bagi mereka yang takut menikah namun terkendala materi atau miskin. Beliau mengatakan jika timbul keinginan untuk menikah namun dalam kondisi fakir, maka bersabarlah.

Berdoalah dan berharaplah senantiasa kemudahan dari-Nya. Beliau mengatakan, Allah SWT akan menolong entah dengan menghilangkan keinginan itu atau memudahkan dengan mengaruniai kecukupan di dunia dan akhirat.

Lalu Allah akan menyebutmu sabar dan mau bersyukur, karena kesabaranmu dan keridhaanmu atas ketentuan-Nya. Maka ditingkatkan-Nya kesucian dan kekuatanmu. 

Dan Allah berjanji untuk senantiasa menambah karunia-Nya atas orang-orang yang bersyukur, sebagaimana firman-Nya : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7) 

Maka bersabarlah, tentanglah hawa nafsumu , dan berpegang teguhlah pada perintah-perintahNya. Ridhalah atas takdir Yang Maha Kuasa, dan berharaplah akan ridha dan karunia-Nya. Sungguh Allah sendiri telah berfirman: 

“Hanya orang orang yang bersabarlah yang akan menerima ganjaran mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar : 10)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut