get app
inews
Aa Read Next : Justin Hubner Tiba di Qatar, Siap Perkuat Timnas Indonesia U-23

5 Teknologi Canggih yang Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar, Nomor 3 Paling Ditunggu

Minggu, 20 November 2022 | 13:13 WIB
header img
5 teknologi canggih yang diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Piala Dunia 2022 tidak hanya sekadar persaingan 32 tim terbaik menjadi yang terbaik. Lebih dari itu, turnamen yang dihelat di Qatar ini menjadi ajang pamer teknologi canggih dalam sepak bola.

Piala Dunia 2022 akan kick off malam nanti. Laga pembuka akan mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Ekuador. Pertandingan perdana ini akan menjadi etalase perhelatan 4 tahunan tersebut.

FIFA akan menerapkan sejumlah teknologi canggih dalam laga perdana dan hingga berakhirnya piala dunia. Ada beberapa yang baru pertama kali diterapkan dan sangat ditunggu. 

Penerapan teknologi ini diklaim untuk menjunjung tinggi semangat fair play dalam sepak bola. Berikut lima teknologi canggih sepak bola yang akan diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Video Asistan Referee (VAR)

Teknologi ini sudah lazim digunakan di kompetisi elit Eropa seperti Liga Primer Inggris, 
La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman hingga Seri A Italia. VAR yang notabene adalah asisten wasit bekerja untuk mendukung wasit di lapangan.

Menggunakan perangkat kamera di seluruh penjara lapangan, VAR bertugas menganalisis pelanggaran untuk membantu wasit memberikan keadilan bagi kedua tim. Penggunaan video match official (VMO) dalam sepak bola termasuk dalam Laws of the Game edisi 2018/2019 dan berhasil digunakan di FIFA Wordl Cup 2018.  

2. Aplikasi FIFA Player 

FIFA membuat aplikasi ini berdasarkan masukan dari pemain profesional dan bekerja sama dengan FIFPRO, perwakilan global sepak bola profesional. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut