get app
inews
Aa Read Next : Jaringan Pembuat Film Porno Internasional Incar Anak-Anak Indonesia, sudah Produksi 3.870 Video

Penyakit Hernia Intai Anak-Anak Akibat Bermain Handphone, Orang Tua Wajib Baca

Selasa, 22 November 2022 | 07:58 WIB
header img
Menggunakan HP terlalu lama ternyata bisa memicu penyakit hernia. (foto: ist)

Diskus tulang belakang memiliki bagial luar tebal dan kokoh ynag melindungi bagian tengah yang lembut layaknya agar-agar. Kemudian, ketika bagian luar dari diskus rusak, bagian tengah akan menonjol keluar, kondisi itulah yang dikenal sebagai hernia diskus yang bisa sangat menyakitkan karena memengaruhi saraf di dekatnya. 

Kondisi tersebut umumnya terjadi pada lansia, karena diskus tulang belakang mengalami degenerasi dari waktu ke waktu, hingga menyebabkan cincin luarnya lebih rentan terhadap kerusakan. 

Studi yang dipublikasikan di The Spine Journal menunjukkan bahwa dalam posisi netral melihat ke depan, berat kepala sekitar 4,5 hingga 5,4 kg dan pada posisi fleksi 15 derajat, rasanya seperti 12 kg. 

Tekanan pada tulang belakang tersebut meningkat secara bertahap, dan pada 60 derajat beratnya menjadi 27 kg. 

"Dalam sinar-X, leher biasanya melengkung ke belakang dan apa yang kami lihat adalah kurva dibalik saat orang melihat ponsel mereka selama berjam-jam setiap hari," ujar Dr. Todd Lanman, penulis studi yang juga merupakan seorang ahli bedah tulang belakang, dikutip Selasa (22/11/2022). 

Jason menyebut, orang yang sering melihat ke bawah atau menunduk saat memakai ponsel ketika browsing atau menonton video, dampak pada tulang belakangnya meningkat hingga membuat postur tertekuk lebih tinggi.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Sering Nunduk saat Gunakan Smartphone Bisa Sebabkan Hernia Diskus, Waspada!)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut