get app
inews
Aa Read Next : Kasino Pertama Segera Dibuka, Uni Emirat Arab Legalkan Judi?

Paspor UEA Terkuat di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

Kamis, 08 Desember 2022 | 07:26 WIB
header img
Paspor Uni Emirat Arab menjadi yang terkuat di dunia. (Foto: ilustrasi/Istimewa)

ABU DHABI, iNewsKutai.id Paspor Uni Emirat Arab (UEA) dinobatkan sebagai dokumen perjalanan paling kuat di dunia. Indikatornya adalah pemilik paspor negara Teluk itu bisa memasuki 180 negara tanpa visa.

UEA menggeser Jepang yang sebelumnya menduduki peringkat pertama paspor terkuat di dunia, awal tahun ini berdasarkan laporan Henley & Mitra. Hal tersebut terungkap lewat Indeks Paspor yang diterbitkan oleh Arton Capital. 

Indeks tersebut menampilkan sepuluh besar negara dengan paspor terkuat di dunia yang dalam laporannya didominasi negara-negara Eropa. Indeks itu menunjukkan jika paspor UEA lebih kuat dibanding paspor negara-negara Eropa seperti Jerman dan Swedia.  

Paspor UEA juga mencakup sembilan negara lebih banyak daripada paspor Jepang. Negeri Sakura itu malah hanya menempati peringkat 24 dengan akses mudah ke 171 negara. 

Sepanjang pandemi Covid-19, otoritas di UEA sebagian besar menghindari pemberlakuan lockdown atau penguncian skala penuh seperti yang banyak dilakukan oleh negara-negara lainnya. 

Negara Arab itu lebih mengandalkan protokol kesehatan yang ketat seperti wajib masker di luar ruangan dan vaksinasi Covid.  Penanganan pandemi yang gesit oleh Pemerintah UEA ternyata mampu menarik pengunjung dari seluruh dunia yang ingin menghindari aturan pembatasan Covid di negara asal mereka masing-masing. 

"Mobilitas global meningkat pesat, meskipun konflik meletus di Eropa dan meningkatnya ketegangan di perbatasan,” ungkap Arton Capital dalam sebuah pernyataan yang dikutip Alarabiyah, Rabu (7/12/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut