get app
inews
Aa Read Next : Waspada, Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Kembali Meningkat

Kemenkes Izinkan Kaltim Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Rabu, 15 Desember 2021 | 08:57 WIB
header img
Siswa SDN 03 Cempaka Putih, DKI Jakarta menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 usai menerima suntikan dosis 1, Selasa (14/12/2021). (foto : kemenkes)

JAKARTA, iNews.id, -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi melakukan kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, Selasa, (14/12/2021). Sejauh ini, ada 19 provinsi yang sudah diizinkan untuk melakukan vaksinasi termasuk Kalimantan Timur (Kaltim).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini rencananya akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

“Vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan kita mulai dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak,” Kata  saat membuka kick off vaksiansi anak usia 6-11 tahun di SD Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat

Kemenkes mencatat hingga kini ada 115 kabupaten/kota di 19 provinsi yang telah memenuhi kriteria tersebut, yakni Bali, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Wamenkes menekankan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI). 

Jenis vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari serta harus didahului dengan proses skrining kesehatan sesuai dengan format standar yang telah berlaku.

Kemenkes merinci untuk menyelesaikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dibutuhkan kurang lebih sekitar 58,7 juta dosis vaksin. Saat ini, Kemenkes telah menyiapkan 6,4 juta dosis vaksin untuk Desember 2021 dan akan ditambah pada Januari 2022 mendatang.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut