get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Pilot Susi Air Disandera KKB Egianus Kogoya, TNI-Polri Gelar Operasi Penyelamatan 

Rabu, 08 Februari 2023 | 08:01 WIB
header img
Satgas Damai Cartenz menggelar operasi penyelamatan menyusul penyanderaan pilot Susi Air oleh KKB Papua. (foto: ilustrasi/antara)

NDUGA, iNewsKutai.id - Satgas Damai Cartenz menggelar operasi penyelamatan terhadap awak pesawat Susi Air yang diduga disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kelompok Egianus Kogoyo, di Nduga.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, personel gabungan TNI-Polri saat ini terus berupaya melakukan pencarian terhadap pilot asal Selandia Baru, Kapten Philips Max Marthin serta lima warga sipil yang menjadi penumpang.

"Tim gabungan operasi Damai Cartenz saat ini sedang melakukan operasi pencarian terhadap awak pesawat yang diduga disandera KKB. Untuk hasilnya nanti akan kita informasikan," ujar Kapolri dalam jumpa pers di Istana Negara yang disiarkan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa (7/2/2023). 

Dilansir iNews.id KKB Papua sebelumnya menyatakan bertanggung jawab atas pembakaran pesawat Susi Air di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Selasa (7/2/2023). Tidak hanya itu, mereka mengaku telah menyandera pilot pesawat, Kapten Phillips.

Mereka mengancam tidak akan melepaskan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu kecuali pemerintah mengakui kemerdekaan Papua. 

"Kami TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma tidak akan pernah kasih kembali atau kasih lepas pilot yang kami sandera ini, kecuali NKRI mengakui dan lepaskan kami dari negara kolonial Indonesia (Papua Merdeka)," tulis KKB Papua dalam siaran pers, Selasa (7/2/2023). 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut