get app
inews
Aa Read Next : Biadab! Militer Israel Tembak Satu-satu Pasien di Rumah Sakit Gaza dengan Tangan Terikat 

Pemukim Yahudi Serang Tepi Barat, Bakar Puluhan Rumah dan Mobil Warga Palestina 

Selasa, 28 Februari 2023 | 10:40 WIB
header img
Pemukim Yahudi membakar puluhan rumah dan mobil warga Palestina saat menyerang Tepi Barat. (Foto:ist/twitter)

TEPI BARAT, iNewsKutai.id - Tepi Barat kembali memanas menyusul serangan sekitar 400 pemukim Yahudi Israel. Mereka membakar puluhan rumah dan mobil milik warga Palestina di Kota Huwara, distrik selatan Nablus, Minggu malam (26/2/2023).

Laporan berita lokal menyebutkan ada sekitar 30 rumah dan mobil dibakar. Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, kolom api dan asap mengepul di langit Tepi Barat.
 
Sejumlah warga Palestina melakukan perlawanan dengan melemparkan batu ke arah para perusuh. Serangan itu baru berhenti ketika memasuki waktu salat Isya. 

Penyerbuan yang disebut sebagai kekerasan terburuk pemukim dalam beberapa dekade itu menuai kecaman termasuk di Israel. Lembaga hak asasi manusia Israel B'Tselem menuduh pemerintah Israel mendukug serangan yang disebut sebagai "pogrom". 

Istilah ini merujuk pada pembantaian terhadap kelompok etnis tertentu secara terorganisir. B'Tselem menuding pogrom adalah manifestasi ekstrim dari kebijakan lama Israel. 

“Rezim supremasi Yahudi melakukan pogrom di desa-desa sekitar Nablus. Ini bukan 'kehilangan kendali'  tetapi persis seperti kontrol Israel. Pemukim melakukan serangan, militer mengamankannya, para politisi mendukungnya. Ini sinergi,” ungkap pernyataan B'Tselem. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut