get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Keren, IKN Nusantara Bakal Dilengkapi Kereta dalam Kota

Minggu, 05 Maret 2023 | 06:00 WIB
header img
IKN Nusantara akan dilengkapi kereta dalam kota untuk mobilitas masyarakat. (foto: ilustrasi/kemen pupr)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilengkapi moda transportasi massal untuk mendukung mobilitas warga dan aparatur sipil negara yang berkantor di ibu kota baru di Sepaku, Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pihaknya sedang merancang pembangunan kereta jarak dekat untuk mendukung mobilitas masyarat di IKN. 

Salah satu yang sedang dikaji adalah kereta dalam kota. Moda tranportasi ini berbeda dengan kereta rel listrik (KRL) yang menjadi andalan sejumlah kota seperti Jakarta dan Solo.

"Kereta api dalam kota tidak berjalan di atas rel tetapi menggunakan roda ban seperti bis dan berjalan di atas virtual line. Kita proyeksikan bisa mengangkut 50-100 orang," ujar di Gedung iNews Tower, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Budi Karya menjelaskan, proyek kereta dalam kota tersebut merupakan hasil kerja sama Kemenhub yang diusulkan kepada investor Jepang. Moda angkutan transportasi tersebut dikhususkan untuk mengakomodasi masyarakat untuk perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya dalam kawasan IKN. 

"Karena sifatnya kereta dalam kota, jadi jarak antar stasiun dekat karena hanya melayani kawasan IKN Nusantara," ungkapnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut