get app
inews
Aa Read Next : Jadi Saksi Sengketa Pilpres di MK, Romo Magnis Sebut Jokowi Pakai Bansos Untungkan Keluarga

Kabar Gembira, Warga Miskin Dapat Bansos Beras hingga Ayam Potong

Minggu, 05 Maret 2023 | 13:03 WIB
header img
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan akan menyalurkan bansos bahan pokok bagi warga miskin. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id – Pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan sembako bagi warga miskin untuk tiga bulan kedepan. Bantuan yang diberikan mulai dari beras, telur hingga ayam potong.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bansos bahan pokok akan disalurkan selama tiga bulan mulai Maret hingga Mei.

 “Pemerintah akan menyalurkan bantuan beras, telur, dan ayam selama 3 bulan, yakni di bulan Maret, April dan Mei 2023,” kata dia dalam Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023, Minggu (5/3/2023).

Bantuan ini dikhususkan bagi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai. Saat ini, pemerintah sedang mengatur regulasi penyaluran bansos yang diharapkan dapat mengendalikan harga. 

Selain penyaluran bansos sembako, pemerintah juga akan melakukan pendataan survei kemiskinan pada Maret untuk menahan inflasi dan mencegah terjadinya peningkatan kemiskinan.  

Program ini merupakan satu dari enam program yang direncanakan pemerintah dalam upaya pengendalian harga menjelang HBKN. Program pertama adalah melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok.

Kemudian program kedua, mengoptimalkan operasi pasar murah komoditas pangan strategis, maupun stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) untuk memastikan keterjangkauan harga

“Selain itu, kami juga memastikan alokasi anggaran subsidi ongkos angkut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pemerintah daerah bisa menggunakan biaya tak terduga untuk memberikan subsidi ini,” tutur Airlangga. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut