get app
inews
Aa Read Next : Penetapan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran: Anies-Cak Imin Hadir, Ganjar Pranowo Absen

Survei Capres 2024 : Elektabilitas Prabowo Subianto Ungguli Ganjar dan Anies

Senin, 10 April 2023 | 06:01 WIB
header img
Elektabilitas Prabowo Subianto menempati urutan teratas dalam survei capres 2024 yang digelar LSI. (Foto: Instagram Prabowo Subianto)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Elektabilitas Prabowo Subianto dalam survei calon presiden 2024 kian menguat. Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, tingkat keterpilihan ketua umum Partai Gerindra itu mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam survei nasional yang digelar pada 31 Maret-4 April 2023 itu, dilakukan simulasi tiga nama pada pilihan presiden yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Hasilnya, Prabowo paling banyak dipilih sekitar 30,3%, disusul Ganjar dengan 26,9%, dan Anies 25,3%. Ini menjadi kali pertama nama menteri pertahanan itu menempati peringkat pertama.

"Untuk kali pertama dalam setahun terakhir, elektabilitas Prabowo Subianto menjadi nomor satu, meskipun belum terlalu signifikan unggulnya," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam pemaparan hasil survei dilansir dari iNews.id, Senin (10/4/2023). 

Djayadi menjelaskan, elekatabilitas Prabowo dalam survei yang melibatkan kepada 1.229 responden melalui metode random digit dialing (RDD) ini, mengalami peningkatan sekitar 3,6%.

Sebelumnya, tingkat keterpilihan Prabowo hanya 26,7% lalu naik menjadi 30,3%. Kenaikan ini berdampak pada penurunan elektabilitas Ganjar dari sebelumnya 35% menjadi 26,9%. Berbeda dengan, Anies yang cenderung stabil dan mengalami sedikit penguatan sebesar 1,3%. 

"Yang menarik di situ, penurunan 8% suara Ganjar terpecah menjadi undecided, lalu sebagian ke Prabowo dan sedikit ke Anies," kata Djayadi. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut