get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadan, Kaltim Diguyur 135.256 Liter Minyak Goreng Curah

Siap-siap, Minyak Goreng Kemasan Terancam Kembali Langka

Jum'at, 14 April 2023 | 21:15 WIB
header img
Minyak goreng terancam kembali langka menyusul sikap Aprindo yang akan menghentikan pengadaan. (Foto: MPI/Cahya Sumirat)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kelangkaan minyak goreng kemasan terancam kembali terulang. Penyebabnya, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) berencana menghentikan pengadaan minyak goreng.

Penghentian pengadaan ini merupakan buntut dari tunggakan pembayaran utang rafaksi minyak goreng pemerintah kepada Aprindo sebesar Rp344 miliar. Jika tidak dilunasi, minyak goreng di 48.000 ritel modern terancam kosong.

Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey mengungkapkan, perusahaan yang tergabung dalam Aprindo sebanyak 31 anggota dengan 48 ribu ritel yang tersebar di seluruh Indonesia. 80% dari ritel tersebut bergerak di sektor pangan. 

"Kami mohon maaf jika masyarakat kesulitan mendapatkan minyak goreng di gerai-gerai ritel kami," ujar Roy dilansir dari iNews.id, Jumat (14/4/2023). 

Roy menjelaskan, kelangkaan minyak goreng bisa terjadi karena pengadaan minyak goreng premium akan dihentikan. Opsi ini merupakan bentuk ketegasan Aprindo kepada pemerintah. 

Alasannya, seluruh peritel sudah taat pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 3 yang mana harus menjual minyak goreng satu harga yakni Rp14.000 per liter.

"Ini salah satu opsi kami karena sampai hari ini (utang rafaksi Rp344 miliar) belum dibayar," tuturnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut