get app
inews
Aa Read Next : Waspada, Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Kembali Meningkat

Tidak hanya Sehat, Lima Makanan Ini Juga Pembawa Keberuntungan

Jum'at, 07 Januari 2022 | 08:37 WIB
header img
Buah anggur termasuk makanan sehat dan membawa keberuntungan. (foto : ist)

JAKARTA, iNews.id - Gaya hidup sehat sudah menjadi kebutuhan sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Tidak heran, masyarakat berlomba-lomba mengonsumsi makanan sehat.

Ternyata, banyak makanan tidak hanya sehat tapi juga membawa keberuntungan. Deretan makanan tersebut bahkan bisa dijumpai di sekitar Anda. Kali ini, jika ingin mencicipi makanan sehat tersebut dan mendapatkan keberuntungan, jangan lewatkan deretan makanan ini. 

Penasaran apa saja makanan sehat tersebut? Berikut ulasannya dirangkum melalui Delish dan Today, Kamis (6/1/2022).

1. Anggur 

Buah yang segar dan enak ini dapat dipilih untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebab, anggur dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Di Spanyol dan Meksiko di detik-detik menjelang pergantian tahun, masyarakat memakan 12 buah anggur secepat mungkin. 

Sebab, setiap buah anggur dipercaya akan membawa keberuntungan untuk 12 bulan ke depan. Dari segi kesehatan, dikutip dari Healthline, buah satu ini adalah sumber vitamin C yang baik, nutrisi penting dan antioksidan kuat yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Mengandung banyak nutrisi lainnya seperti protein, vitamin K, vitamin B6, kalium, tiamin, hingga riboflavin.

2. Kacang polong hitam 

Di era Civil War alias perang saudara di Amerika, sejarah menyebutkan kacang polong hitam ini digunakan untuk memberi makan ternak yang sedang merumput. Kacang polong hitam ini jugalah yang menyelamatkan penduduk Mississippi di era 1863 dari kelaparan selama dua bulan. 

Tak heran, kini kacang polong hitam diyakini sebagai jenis makanan tahun baru yang membawa keberuntungan. Dari segi kesehatan, seperti dilapor Webmd, kacang polong hitam adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya, energi dan serat, dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu juga mengandung nutrisi seperti kalsium, besi, vitamin A, magnesium, folat dan vitamin K.

3. Pomegranate 

Pomegranate atau yang akrab disebut buah delima, memiliki makna kesuburan dan kemakmuran. Sebagai makanan khas perayaan Tahun Baru, buah berwarna merah ini melambangkan fertility, kesuburan menghasilkan keturunan, kehidupan dan materi berlimpah, terutama di Yunani. 

Buah ini juga sarat nutrisi penting untuk kesehatan, pasalnya di dalamnya mengandung serat, protein, vitamin C, vitamin K, folat, hingga kalsium.

4. Sayur-sayuran hijau 

Helai sayuran berdaun hijau yang menyerupai uang kertas yang dilipat melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Biasanya untuk tradisi Tahun Baru, sayur-sayuran hijau ini dikonsumsi bersama kacang polong hitam untuk keberuntungan yang berlipat ganda. 

5. Kacang-kacangan (lentils) 

Bentuknya yang bulat seperti koin, dipercaya menggambarkan keberuntungan di sekitar awal tahun baru dan sepanjang tahun. Lentils disebut sebagai simbol alami untuk keberuntungan. Dari kandungan, seperti dikutip Healthline, kacang-kacangan merupakan sumber vitamin B, zat besi, magnesium, potasium, dan seng yang sangat baik. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga sumber protein dan serat nabati yang bagus loh!

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut