get app
inews
Aa Read Next : Polda Kaltim Larang Warga Pakai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Bakal Ditindak Tegas

Jadi Daerah Penyangga IKN, Gubernur Dukung Wacana Polrestabes Samarinda

Selasa, 11 Januari 2022 | 08:33 WIB
header img
Personel Polsek Samarinda Kota melakukan patroli di kawasan Taman Samarendah. (foto : ist)

SAMARINDA, iNews.id - Wacana peningkatan tipologi Polresta Samarinda menjadi Polrestabes (Kepolisian Resor Kota Besar) mendapat dukungan Gubernur Kaltim Isran Noor. Alasannya, Samarinda adalah ibu kota Kaltim dan sebentar lagi menjadi wilayah penyangga ibu kota negara (IKN)

Dukungan tersebut disampaikan Isran saat menerima Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (10/1/2022). Dia mengatakan, sebagai ibu kota provinsi, Samarinda sudah layak naik kelas ke tipe 2B1, seperti sudah pernah terjadi di Samarinda pada kisaran tahun 2005-2006.

“Saya dukung Polresta Samarinda naik kelas. Sekarang ini, Polresta Samarinda kan masih tipologi 2B3 ya. Harus naiklah minimal jadi 2B2 atau 2B1,” kata Gubernur Isran.

Menurut dia, dengan peningkatan tipologi, nantinya Polri pasti akan menempatkan pejabat-pejabatnya dengan kualifikasi tertentu, disertai peningkatan jumlah personel.

“Apalagi Kaltim akan menjadi ibu kota negara, sangat dekat dengan Samarinda yang pasti akan terus berkembang dan menjadi salah satu kota penyangga. Kerawanan sebagai dampak pertambahan penduduk dan potensi kejahatan sangat mungkin terjadi. Karena itu, saya sangat mendukung peningkatan status itu,” lanjut Gubernur.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto mengaku sangat gembira dengan dukungan gubernur tersebut. “Terima kasih atas dukungannya Pak Gubernur. Untuk usulan ini cukup Kapolda. Untuk yang besar-besar nanti, baru Gubernur,” jawab Kapolda diselingi canda.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut