get app
inews
Aa Read Next : Inflasi Kaltim April Naik 3,21 Persen, Dipicu Harga Beras dan Bawang Merah

Dipicu Sektor Transportasi, Inflasi Kaltim di Atas Rata-rata Nasional

Senin, 03 Juli 2023 | 20:30 WIB
header img
Inflasi Kaltim di atas rata-rata nasional. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Inflasi Kaltim sepanjang Juni 2023 mencapai 0,25 persen. Inflasi gabungan dua kota yakni Balikpapan dan Samarinda tersebut di atas rata-rata nasional yang hanya 0,14 persen. 

Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim merinci inflasi di Samarinda sebesar 0,25 persen dan Kota Balikpapan hanya 0,08 persen. Hal ini merupakan dampak dari Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan kedua kota yang mencapai 0,18 persen.

"Tercatat di Nasional inflasi 0,14 persen, sedangkan di Kaltim diatas rata-rata nasional yakni mencapai 0,25 persen,"ungkap Kepala BPS Provinsi Kaltim Yusniar Juliana dalam keterangannya Senin (3/7/2023).

Jika dilihat perkembangan harga konsumen dari Desember 2022 hingga Juni 2023, perubahan harga sebesar 1,94 persen dan sama denga inflasi bulanan IHK Kaltim secara tahun kalender ini di atas rata-rata nasional tercatat 1,24 persen.

Secara kelompok pengeluaran, inflasi tertinggi terjadi pada sektor transportasi sebesar 1,25 persen. Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,34 persen; kelompok pendidikan sebesar 0,1 persen; kelompok kesehatan dan kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya masing-masing sebesar 0,02 persen,

"Lalu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen,"tuturnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut