get app
inews
Aa Read Next : Inflasi Kaltim April Naik 3,21 Persen, Dipicu Harga Beras dan Bawang Merah

Dipicu Sektor Transportasi, Inflasi Kaltim di Atas Rata-rata Nasional

Senin, 03 Juli 2023 | 20:30 WIB
header img
Inflasi Kaltim di atas rata-rata nasional. (foto: ilustrasi/ist)

Sebaliknya, kelompok yang mengalami penurunan indeks harga yaitu perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,01 persen dan kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,37 persen.

Dari 12 kota IHK di wilayah Pulau Kalimantan 11 kota mengalami inflasi dan 1 kota lainnya mengalami deflasiInflasi tertinggi terjadi di Tarakan sebesar 0,46 persen dengan IHK 114,12.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di Tanjung Selor yaitu sebesar 0,03 persen dengan IHK 114,34. Sementara itu, Tanjung tercatat mengalami deflasi sebesar 0,38 persen.

Selanjutnya di Juni 2023 Kota Samarinda dan Kota Balikpapan masing-masing berada pada urutan kedelapan dan kesepuluh diantara kota IHK Pulau Kalimantan.

Pantauan IHK nasional, 78 kota mengalami inflasi dan 12 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 1,36 persen, dan inflasi terendah sebesar 0,01 persen terjadi di Metro DKI Jakarta, Kudus, dan Ternate.

Selain itu, deflasi tertinggi terjadi di Sumenep sebesar 0,42 persen dan deflasi terendah sebesar 0,02 persen terjadi di Mataram.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut