get app
inews
Aa Read Next : Kinerja Perseroan Moncer, PT Vale Indonesia Catat Kenaikan Laba 37% sepanjang 2023

Produsen Nikel PT Vale Uji Coba Kendaraan Listrik untuk Taksi Karyawan

Senin, 17 Januari 2022 | 09:41 WIB
header img
PT Vale melakukan ujicoba kendaraan listrik di area operasional Mobile Equipment Maintenance (MEM) Gunung Batu. (foto : ist)

SOROWAKO, iNews.id - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) uji coba perdana kendaraan listrik di area operasional Mobile Equipment Maintenance (MEM) Gunung Batu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (14/1/2022). Rencananya, mobil tersebut akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan operasional Departemen Energi pada area Sorowako sampai Malili hingga Maret mendatang.

Vice President Director PT Vale Adriansyah Chaniago mengatakan, program uji coba electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik ini merupakan wujud komitmen praktik pertambangan berkelanjutan secara konsisten untuk mencapai target net zero emissions pada 2050 mendatang, sekaligus sebagai upaya menjaga kelestarian Bumi. 

“PT Vale mencatat sejarah penting dalam mewujudkan program pengurangan emisi karbon dengan melakukan uji coba pemakaian mobil listrik yang sudah dipasarkan di Sulsel. Pada tahap pertama mobil listrik tersebut akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan operasional Departemen Energi," jelasnya dalam rilis, Senin (17/1/2022).

Dia menjelaskan, uji coba ini akan berlanjut hingga September dan akan dioperasikan sebagai armada taksi bagi karyawan. Saat ini, perusahaan juga telah menyiapkan charging station di area General Facilities & Services (GFS) di Pontada, Malili.

Di sisi lain, PT Vale sedang melakukan studi mengenai konversi kendaraan LV (Light Vehicle) berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik, sembari menunggu regulasi resmi dari Pemerintah Indonesia terkait modifikasi tersebut. Selain itu, PT Vale juga sedang dalam tahap pembelian satu unit truk listrik dari China dengan kapasitas 70 ton dan uji coba unit tersebut akan dilakukan pada triwulan ketiga tahun ini. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut