get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Ini Alasan Isran Noor Mundur dari Jabatan Ketua DPW Nasdem Kaltim

Groundbreaking Jembatan Sei Nabung, Jarak Tempuh ke Berau dan Kaltara Dipangkas 105 Kilometer

Kamis, 03 Agustus 2023 | 08:05 WIB
header img
Pembangunan Jembatan Sei Nabung memangkas jarak 105 kilometer ke Berau dan Kalimantan Utara. (foto: ist/adpim kaltim)

SANGATTA, iNewsKutai.id - Jarak tempuh dari Sangatta, Kutai Timur menuju Kabupaten Berau dan Kalimantan Utara bakal semakin singkat seiring dengan groundbreaking lanjutan pembangunan Jembatan Sei Nibung di Kecamatan Kaubun. 

Jembatan sepanjang 390 meter tersebut akan memangkas waktu tempuh menuju wilayah perbatasan Kaltim dengan Kaltara, tiga jam. Jembatan di Desa Kadungan Jaya akan menghubungkan Kecamatan Kaubun dengan Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang. 

Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan, rencana pembangunan Jembatan Sei Nibung telah dimulai sejak 2014 silam dengan alokasi anggaran senilai Rp 70 miliar. Proyek tersebut kembali dilanjutkan tahun ini dengan anggaran Rp300 miliar. 

Mantan bupati Kutai Timur itu menjelaskan jembatan ini akan mempersingkat jarak sepanjang 105 km atau  sekitar 3 jam. Dengan jarak yang semakin singkat, diharapkan perekonomian kawasan semakin meningkat. 

Arus lalu lintas akan semakin lancar, termasuk angkutan ikan dari Biduk-biduk dan Talisayan akan lebih baik kualitasnya karena jarak waktu yang lebih lebih singkat. 

"Jembatan dengan anggaran Rp300 miliar ini akan memperpendek jarak ke Batu Lepoq dan Karangan, ibu kotanya Pengadan. Infrastruktur ini penting sekali untuk meningkatkan mobilitas masyarakat yang berimplikasi pada tingkat kesejahteraan," kata Isran saat memberikan arahan dalam kegiatan groundbreaking Lanjutan Pembangunan Jembatan Sei Nibung Kecamatan Kaubun, Rabu (2/8/2023). 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-Pera) Kaltim, Aji Fitra Firnanda menjelaskan, Jembatan Sei Nibung akan dibangun dengan panjang bentang jembatan secara keseluruhan kurang lebih 390 meter.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut