get app
inews
Aa Read Next : Apel Gabungan Pengamanan Malam Natal, Kapolresta Balikpapan Minta Personel Waspada

Balikpapan-IKN Nusantara Tersambung Jalan Tol Tahun Depan, Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Minggu, 06 Agustus 2023 | 05:37 WIB
header img
Jalan Tol IKN Nusantara ditargetkan tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan Samarinda, tahun depan. (foto: inewskutai/abriandi)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jalan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menuju Balikpapan ditargetkan tersambung pada pertengahan 2024 mendatang. Jalur bebas hambatan ini akan memangkas waktu tempuh menjadi 30 menit.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 2 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Armen Adekristi mengungkapkan, jalan tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN akan terhubungn dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini.

Jalan tol baru ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya sekitar dua jam menjadi 30 menit. 

Saat ini, pembangunan Jalan Tol IKN sudah berjalan pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

"Progres pada Segmen 3A sebesar 12,33%, Seksi 3B sebesar 30,11%, dan Seksi 5A sebesar 37,39%. Kita ditargetkan rampung pada pertengahan 2024, paling lambat Juli," kata Armen dalam keterangan tertulisnya dikutip, Minggu(6/8/2023).

Sementara, untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI sudah dalam proses lelang paket pekerjaan. Pemerintah menargetkan penandatangan kontrak pada Agustus 2023. 

"Untuk Seksi 1 ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak pada Desember 2023 dan Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang - Simpang Rencana Bandara VVIP serta Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP – Riko akan mulai lelang pada September 2023 dengan target kontrak November 2023," sambungnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut