get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Beredar via WhatsApp, Rekening Bank Bisa Dibobol

Simak! 5 Tips Mencegah Jadi Korban Scammer

Senin, 21 Agustus 2023 | 14:59 WIB
header img
Cara mencegah menjadi korban kejahatan scam. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ancaman scam atau penipuan menjadi isu serius yang mengkhawatirkan terutama di Indonesia. Rendahnya kesadaran akan keamanan saat menggunakan internet menjadi salah satu penyebabnya.

Akibatnya, banyak korban yang terjebak dalam jerat penipuan. Pelaku tidak hanya mencuri informasi pribadi namun juga bisa menguras rekening bank.

Untuk menghindari tersebut, ada sejumlah cara untuk menghindari menjadi korban kejahatan scam yang marak saat ini.

Cara Mencegah Jadi Korban Scammer

1. Lindungi Informasi Pribadi

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melindungi informasi pribadi. Pelaku kejahatan siber akan mencuri informasi pribadi Anda terlebih dulu dengan memintanya secara langsung. 

Jangan pernah memberikan informasi seperti nomor identitas, nomor rekening bank, atau nomor kartu kredit kepada individu yang tidak Anda kenal, baik melalui email maupun pesan teks. Hanya berikan informasi pribadi ini melalui situs web yang telah terbukti sah dan terpercaya.

2. Verifikasi Situs Web yang Tak Dikenal

Salah satu metode paling umum yang digunakan oleh pelaku kejahatan siber adalah dengan menciptakan situs web palsu yang meniru platform yang sah. Jika Anda menerima email atau pesan yang mencurigakan, hindari mengklik tautannya.

Sebaliknya, masukkan alamat situs web secara langsung ke bilah alamat peramban Anda dan pastikan bahwa itu memang situs web yang sah. Pastikan juga bahwa situs tersebut memiliki sertifikat keamanan yang valid.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut