get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Jalan Tol IKN Nusantara Beroperasi Tahun Depan, Pangkas Waktu Tempuh ke Balikpapan Jadi 40 Menit

Sabtu, 23 September 2023 | 21:35 WIB
header img
Jalan tol IKN Nusantara ditargetkan beroperasi tahun depan. (Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jalan Tol Balikpapan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan mulai beroperasi pada 2024. Jalan bebas hambatan ini akan mempersingkat jarak tempuh ke Kota Balikpapan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, finalisasi jalan tersebut ditargetkan rampung tahun depan. Jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh IKN ke Balikpapan menjadi 40 menit.

"Prioritas sekarang adalah jalan tol Balikpapan ke IKN. Kita sudah punya Balikpapan ke Samarinda, nanti kita belokan ke IKN supaya nanti orang dari Balikpapan ke IKN, tidak lebih dari 40 menit," jelas Basuki, Sabtu (23/9/2023). 

Jalan tol tersebut memiliki panjang kurang lebih sekitar 40 kilometer. Jalan tol ini akan terhubung dengan jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang sudah lebih dulu beroperasi.

Jalan tol ini mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari sebelumnya 2 jam menjadi  maksimal 40 menit.

Basuki mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan langsung atas pembangunan Tol Balikpapan-IKN. Saat ini, progres pengerjaannya sudah menembus Pulau Balang. 

"Kemarin kita sudah telusuri detail-nya sudah tembus ke sampai ke Pulau Balang, mudah-mudahan tahun depan sudah mulai beroperasi," harapnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut