get app
inews
Aa Read Next : Sudah Siap Balapan, Honda Umumkan Marc Marquez Comeback di MotoGP Aragon

Francesco Bagnaia Juara MotoGP Mandalika, Jorge Martin Crash

Minggu, 15 Oktober 2023 | 15:18 WIB
header img
Francesco Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP Mandalika di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Minggu (15/10/2023) sore. (foto: motogp)

MANDALIKA, iNewsKutai.id - Francesco Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP Mandalika di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Minggu (15/10/2023) sore.

Pembalap Ducati itu mengasapi dua rivalnya Maverick Vinales sert Fabio Quartararo yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. 

Sedangkan saingan terberatnya dalam mempertahankan gelar juara dunia, Jorge Martin mengalami crash. Kemenangan ini membuat Pecco-sapaan Francesco Bagnaia kembali kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP.

Pecco memimpin klasemen sementara pembalap dengan 346 poin disusul Jorge Martin dengan 328 angka dan Marco Bezzecchi yang mengoleksi 211 poin.

Jalannya Balapan

Jorge Martin mencatatkan start mengesankan saat menyodok ke posisi pertama sebelum tikungan pertama.

Start mulus juga dicatatkan Francesco Bagnaia, juara bertahan yang berada di posisi keenam pada akhir lap pertama. Pecco berhasil meraih posisi lebih baik lagi pada lap kedua setelah Brad Binder membuat kesalahan di tikungan 10 dan menabrak Luca Marini.

Kontak tersebut menyebabkan Marini jatuh dan kehilangan posisi keempat. Binder juga kehilangan posisisetelah keluar lintasan. Akibat insiden tersebut, Binder dikenai hukuman Long Lap Penalty di awal lap kelima.

Sementara pembalap Repsol Honda Marquez mengalami nasib sial. Marquez kehilangan keseimbangan di tikungan 13 dan terjatuh ke gravel.

Honda kembali kehilangan pembalapnya setelah Joan Mir jatuh pada lap ke-12. Pada lap ke-13, Martin yang nyaman memimpin lebih dari tiga detik, tiba-tiba terjatuh di tikungan ke-11 karena kehilangan keseimbangan.

Hal itu kemudian dimanfaatkan Pecco untuk mengejar Vinales lap demi lap sebelum melakukan manuver brilian saat pengereman di tikungan 10. Manuver tersebut terjadi sembilan lap menjelang akhir balapan.

Namun Bagnaia bukanlah pembalap tercepat di lintasan karena Fabio Quartararo sedang mengejar duo terdepan. Vinales kemudian mulai mendekati Bagnaia dengan lima lap tersisa, saat ia mengurangi selisih satu detik menjadi sedikit lebih dari setengah detik.

Meskipun Vinales dan Quartararo sangat mendekat di lap terakhir, Bagnaia mengakhiri balapan sebagai juara.
 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut