get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Tumbuh Positif, Ekonomi Kaltim Triwulan III 2023 di Atas Rata-rata Nasional

Jum'at, 10 November 2023 | 21:29 WIB
header img
Proyek di IKN Nusantara menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Kaltim. (foto: ilustrasi/antara)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Triwulan III 2023 tumbuh positif sebesar 5,29 persen (yoy). Pertumbuhan tersebut melampaui kinerja perekonomian nasional yang mengalami perlambatan sebesar 4,94 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Budi Widihartanto mengungkapkan, secara regional, pertumbuhan Kaltim triwulan III 2023 merupakan pertumbuhan PDRB tertinggi di wilayah Kalimantan.

Budi menjelaskan, berdasarkan lapangan usaha (LU), andil pertumbuhan PDRB sektoral tertinggi pada triwulan III 2023 bersumber dari sektor industri pengolahan yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,84 persen (yoy).

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya seiring kenaikan harga sejumlah komoditas utama.

Sementara itu, LU sektor konstruksi juga menunjukkan kinerja yang tinggi dengan pertumbuhan sebesar 16,26 persen (yoy). Ini menjadi pertumbuhan tertinggi dibandingkan sektor lainnya.

Pertumbuhan tersebut didorong semakin masifnya kinerja pembangunan proyek strategis nasional di Kaltim yang telah berlangsung sejak tahun lalu, walaupun sedikit melambat dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Lapangan usaha pertambangan juga masih melanjutkan pertumbuhan sebesar 2,74 persen (yoy), namun tidak setinggi pertumbuhan pada triwulan sebelumnya seiring dengan penurunan harga batubara pada triwulan III 2023," jelas Budi dalam keterangan resminya dikutip Jumat (9/11/2023).

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan PDRB Kaltim didorong peningkatan kinerja konsumsi pemerintah dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB)secara berturut-turut tercatat tumbuh sebesar 34,1 persen (yoy) dan 12,06 persen (yoy).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut