Logo Network
Network

Ini Larangan Suku Dayak yang Harus Diketahui Pendatang, Nomor 1 Cowok Wajib Baca!

Hasyim Ashari
.
Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:01 WIB
Ini Larangan Suku Dayak yang Harus Diketahui Pendatang, Nomor 1 Cowok Wajib Baca!
Ilustrasi suku Dayak di Kalimantan. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kalimantan dalam beberapa hari terakhir menjadi buah bibir menyusul pegesahan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara. Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, Borneo tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati namun juga suku-suku yang mendiaminya.

Salah satunya adalah Dayak yang mendiami lima provinsi di Kalimantan. Tak heran banyak yang ingin diketahui dari suku khas dari bumi Borneo tersebut, termasuk salah satunya larangan-larangan yang berlaku di Suku Dayak

Lalu larangan apa saja yang dimaksud? Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/1/2022) berikut lima larangan Suku Dayak: 

1. Jangan coba-coba permainkan gadis Dayak 

Siapa sih yang tidak terpesona dengan kecantikan para gadis suku Dayak. Siapapun yang melihatnya, sudah pasti akan terpikat. 

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan terkait dengan gadis-gadis dayak. Ini tentang larangan untuk tidak pernah mengganggu gadis-gadis Dayak atau mempermainkannya. 

Menurut mitos yang beredar, siapapun yang mengganggu mereka, lebih-lebih mempermainkannya, maka dipastikan akan hilang alat vitalnya. Memang terdengar sangat mustahil tetapi sudah banyak cerita tentang hal ini. 

2. Dilarang menghina patung kayu 

Jika kamu perhatikan di Kalimantan banyak rumah rumah adat yang didepannya terdapat patung yang terbuat dari kayu. 

Konon, ini bukanlah patung biasa melainkan simbol untuk leluhur suku Dayak yang sudah meninggal. Larangan yang ada tentang kayu ini, jangan pernah menghina bentuknya, sekalipun dalam hati. 

Ada banyak kejadian orang-orang yang menghina patung ini dan kemudian diganggu oleh mahluk halus. Gangguan ini akan terus ada sampai si penghina meminta maaf kepada pihak keluarga yang dihina. 

3. Jangan bermain-main dengan Mandau 

Mandau merupakan senjata yang dianggap keramat bagi suku Dayak. Meskipun, bentuknya seperti parang pada umumnya, tetapi tidak bisa dipakai semaunya dan harus ada alasan khusus. 

Menurut kepercayaan orang Dayak, Mandau yang keluar dari sarungnya akan memakan korban. Oleh sebab itu, bagi para pendatang jangan bermain-main dengan senjata yang satu ini. 

4. Bersikap sopan saat berkunjung ke makam orang Dayak 

Akan jadi pengalaman unik tersendiri, jika bisa mampir ke tempat sakralnya orang Dayak. Salah satunya adalah area pemakamannya. 

Cara penguburan orang Dayak terbilang cukup unik. Pasalnya, mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disanggah. 

Meskipun sangat unik akan tetapi mengandung daya magis yang cukup kuat. Pada saat berkunjung ke makam orang Dayak, diwajibkan untuk selalu bersikap sopan. 

Karena orang Dayak sangat mengeramatkan kuburan para leluhurnya. Jangan berkata kasar ataupun menghina. Kalau hal itu terjadi maka akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

5. Jangan memandang rendah orang Dayak 

Sudah menjadi kewajiban bagi para pendatang untuk menghormati para suku Dayak. Hal ini mengingat, suku Dayak memiliki kekuatan magis yang di luar nalar. 

Apabila orang Dayak tersinggung dengan hinaan atau ucapan kita, maka akan mengerahkan kekuatan mereka sebagai bentuk rasa sakit hatinya. 

Perlu diketahui, suku Dayak merupakan salah satu suku di dunia dengan sihir terkuat.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini