get app
inews
Aa Read Next : 7 Investor Nasional Groundbreaking Proyek di IKN Nusantara, Siapa Saja?

Jusuf Kalla Setuju Kepala Otorita IKN Berlatar Arsitek dan Birokrat

Selasa, 01 Februari 2022 | 09:27 WIB
header img
Desain ibu kota negara (IKN) Nusantara. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai - Rencana presiden Joko Widodo menunjuk kepala otorita Ibu Kota Negara  (IKN) Nusantara dari kalangan arsitek mendapat dukungan dari Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK).

Mantan wakil presiden itu menegaskan kepala otorita IKN harus memiliki latar belakang pemerintahan sekaligus arsitektur. JK pun menyatakan dukungan penuh kepada Jokowi soal pemilihan kepala otorita IKN. 

Hal tersebut disampaikannya dalam Rakernas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertajuk 'Semangat Transformasi & Kolaborasi - PKS Pelayan Rakyat,' di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta Selatan pada Senin (31/1/2022). 

"Kalau itu tanya ke Presiden (Jokowi). Presiden yang menentukan itu. Presiden kan sudah menyampaikan harus memiliki pengalaman di pemerintahan dan pengalaman arsitek. Kan sudah jelas," kata Jusuf Kalla. 

Untuk diketahui, bentuk pemerintahan ibu kota baru yakni pemerintahan daerah khusus. Pemerintahan ini akan setingkat provinsi. Dipimpin oleh pejabat setingkat menteri. Hal ini tertuang dalam UU IKN yang baru disahkan. 

"Kepala Otorita IKN Nusantara merupakan kepala pemerintah daerah khusus IKN Nusantara yang berkedudukan setingkat menteri," bunyi Pasal 5 ayat 4 UU IKN.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut