get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Panas Landa Kutai Kertanegara, Rumah Warga Kota Bangun Disiram Air Antisipasi Kebakaran

Penimbun Pertalite Ditangkap, Bolak-balik Isi BBM di SPBU Pakai Motor Thunder Modifikasi

Kamis, 11 Januari 2024 | 14:17 WIB
header img
Polsek Loa Kulu berhasil mengungkap praktik penimbunan pertalite di Desa Sepakat, Loa Kulu, Kutai Kartanegara. (foto: ist)

TENGGARONG, iNewsKutai.id – Polsek Loa Kulu berhasil mengungkap praktik penimbunan pertalite di Desa Sepakat, Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Pelaku berinisial W (40) menguras BBM bersubsidi di SPBU menggunakan motor thunder modifikasi.

Kapolsek Loa Kulu AKP Rahmat Andika Prasetyo menjelaskan, W ditangkap dengan barang bukti berupa 700 liter pertalite yang disimpan di sejumlah jerigen dan botol.

BBM bersubsidi tersebut diperoleh dari sejumlah SPBU. Saat beraksi, pelaku bolak-balik mengisi tangki sepeda motor yang sudah dimodifikasi sehingga mampu menampung lebih banyak pertalite.

Pertalite yang dibeli di SPBU kemudian ditampung 23 jerigen ukuran 20 liter dan 35 liter serta puluhan botol berkapasitas 1 liter.

"Tersangka ditangkap dengan barang bukti 700 liter yang disimpan di kediamannya di Jalan Ahmad Yani Loa Kulu. Ini diperoleh dari SPBU dan kemudian ditampung," jelas AKP Rahmat, Kamis (11/1/2024).

Sebelum ditangkap, polisi meminta dokumen maupun surat izin untuk penyimpanan dan pengangkutan BBM. Namun, pelaku tidak dapat menunjukkannya.

Dari pengakuan pelaku, pertalite tersebut rencananya akan dijual kembali. Margin harga dari SPBU yang menjadi keuntungan tersangka. Polisi masih mendalami penadah BBM bersubsidi dalam jumlah besar tersebut.

Saat ini, pelaku sudah dijebloskan ke sel tahanan Polsek Loa Kulu. Dia dijerat Para pelaku dijerat Pasal 55 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Ciptakerja perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi jo Pasal 55 KUHP ayat ke-1 KUHPidana. 

Pelaku terancam hukuman 6 tahun penjara dan denda maksimal Rp60 miliar.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut