get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 6 Sesuai Anjuran Rasulullah

Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 5 Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Senin, 15 Januari 2024 | 10:24 WIB
header img
Rahasia panjang umur warga Jepang hingga bisa hidup lebih dari 100 tahun. (foto: ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Rahasia umur panjang warga Jepang menarik diulas. Hal ini dikarenakan angka harapan hidup masyarakat Negeri Matahari Terbit bahkan lebih dari 100 tahun.

Salah satu wilayah Jepang yang memiliki penduduk dengan umur panjang adalah Pulau Okinawa. Wilayah yang dijuluki Tanah Abadi itu menjadi satu-satunya tempat dengan penduduk berusia di atas 100 tahun ke atas terbanyak di dunia.

Okinawa adalah salah satu dari lima wilayah di seluruh dunia yang penduduknya menikmati hidup dan sehat dibanding rata-rata global. 
Wilayah-wilayah ini dikenal sebagai blue zones yakni komunitas terisolasi yang ditandai oleh umur panjang yang luar biasa. Blue zones lainnya termasuk pulau Yunani Ikaria, wilayah Ogliastra di Sardinia, Italia, Nicoya Peninsula di Kosta Rika, dan kota Loma Linda di California. 

Dilansir dari JPost, Senin (15/1/2024), Okinawa mencakup area seluas  1.201,03 km² dan merupakan bagian dari kepulauan Okinawa, yang terdiri lebih dari 150 pulau kecil yang terletak di antara Jepang dan Taiwan. 

Pada 2020 lalu, sensus Jepang mencatat Okinawa memiliki rata-rata harapan hidup 87,4 tahun untuk wanita dan 80,27 tahun untuk pria. Petualang dunia dan YouTuber Drew Binsky baru-baru ini mencari tahu rahasia umur panjang penduduk pulau Okinawa. 

"Saya ke sini untuk mengungkap rahasia orang hidup lebih lama dan sehat, dan apa yang saya temukan akan membuat Anda terkesima," ujar Drew Binsky di saluran YouTube-nya.

Rahasia Panjang Umur Warga Jepang

1. Bangun pagi 

Penduduk lanjut usia memulai hari dengan olahraga pagi dan beraktivitas pada pukul 6:30 pagi. Seorang wanita berusia 90an tahun menyatakan betapa menyegarkan olahraga pagi. 

Saat ditanya tentang rahasia hidup sehat di Okinawa, dia menjawab, "Bahkan ketika kami di rumah, kami selalu aktif, selalu bergerak." 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut