get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Siap-siap, CPNS Fresh Graduate Ditempatkan di IKN Nusantara

Selasa, 23 Januari 2024 | 14:33 WIB
header img
Pemerintah akan menempatkan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) fresh graduate di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah akan menempatkan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) fresh graduate di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Penempatan ini untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh kementerian dan Otorita IKN. 

Menter Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas menyatakan tengah mempersiapkan proses pemindahan ASN ke IKN mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga tata kelola pemerintahan. 

Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan jumlah kebutuhan ASN, baik yang diusulkan dari ASN yang sudah ada maupun yang akan direkrut dari tiap Kementerian/Lembaga untuk penempatan di IKN.  

Azwar mengatakan, dalam pengusulan kebutuhan pada Seleksi CASN Tahun 2024 ini, perlu disiapkan formasi khusus yang disiapkan untuk langsung bekerja di IKN. Mulai dari Otorita IKN dan seluruh unsur pemerintah pusat yang akan pindah. 

"Formasi CPNS fresh graduate ini bukan saja untuk Otorita IKN, tetapi juga seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara," ujar Azwar Anas dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Dalam skenario pemindahan ASN ke IKN, Kementerian PANRB tidak hanya mengoordinasikan jumlah ASN yang akan pindah namun juga menyiapkan skenario agar fungsi pemerintahan dapat langsung berjalan optimal.  

“Tentu kita koordinasi berapa sesungguhnya yang diperlukan bagi talenta-talenta unggul yang akan dipilih oleh Kementerian/Lembaga untuk langsung berkantor di IKN Nusantara,” kata dia.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut