get app
inews
Aa Read Next : 9.018 Warga Binaan Lapas di Kaltim dan Kaltara Terima Remisi, 61 Orang Langsung Bebas

1.013 Warga Binaan Lapas Tenggarong Dapat Remisi Idul Fitri, Dua Orang Langsung Bebas

Rabu, 10 April 2024 | 13:31 WIB
header img
Sebanyak 1.013 warga binaan Lapas Kelas IIA Tenggarong mendapatkan remisi khusus hari raya Idul Fitri 1445 H. (foto: ist)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Sebanyak 1.013 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tenggarong mendapatkan remisi khusus hari raya Idul Fitri 1445 H.

Sebanyak dua di antaranya mendapatkan remisi khusus II atau langsung bebas dari Lapas. Penyerahan remisi dilakukan secara simbolis oleh Kepala Lapas Kelas IIA Tenggarong Agus Dwirijanto kepada perwakilan warga binaan.

"Pemberian remisi ini merupakan hak warga binaan dengan tetap memperhatikan syarat subtantif dan administratif yang telah di tetapkan," kata Agus Dwirijanto dalam keterangannya dikutip Rabu (10/4/2024).

Agus menjelaskan, usulan remisi dilakuan secara digital (by system) melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dan tidak dipungut biaya. 

"Pemberian remisi melalui mekanisme SDP ini adalah wujud nyata komitmen Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam menjamin hak setiap warga binaan," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya hanya mengusulkan 1.013 orang dari total 1.485 warga binaan untuk mendapat remisi. Hal ini dikarenakan sejumlah faktor terutama penilaian selama berada dalam masa tahanan.

"Ada yang tidak diusulkan mendapat remisi karena beberapa hal seperti status yang bersangkutan masih tahanan yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap," ucapnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut