get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Rusia Invasi Ukraina, Chelsea Turut Kena Imbas, Kok Bisa?

Jum'at, 25 Februari 2022 | 15:02 WIB
header img
Chelsea juara Piala Dunia Antarklub 2021 usai mengalahkan Palmeiras dengan skor 2-1.(Foto:Ist)

LONDON, iNewsKutai - Chelsea turut terseret dalam invasi Rusia ke wilayah Ukraina. Hal ini tidak lepas dari posisi pemilik klub asal Kota London itu, Roman Abramovich sebagai pengusaha asal Rusia.

Ya, Abramovich didesak untuk meninggalkan Inggris. Desakan itu disampaikan anggota Partai Buruh sebagai respons atas operasi militer Rusia di Ukraina. Abramovich masuk dalam daftar nama-nama yang diumumkan untuk diusir dari Britania Raya.

Abramovich menjadi pemilik Chelsea sejak 2003. Dia telah memberikan 18 trofi utama, termasuk dua gelar Liga Champions dan 5 gelar Liga Inggris. Abramovich menghasilkan miliaran dollar dalam sektor minyak dan dilaporkan dekat dengan Vladimir Putin. 

Dia juga menjadi jalan bagi banyak orang Rusia kaya yang pindah ke Inggris khususnya di London. Konflik yang meningkat di Ukraina telah mengintensifkan pengawasan seputar kekayaan Abramovich dan hubungan dekatnya dengan Putin.

Bulan lalu, The Athletic melaporkan Chelsea berutang kepada Abramovich setidaknya USD2 miliar, saat ini kekayaan bersih Abramovich adalah sekitar USD15 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Anggota parlemen dari Partai Buruh Chris Bryant memimpin tuntutan di dalam Parlemen untuk meminta Abramovich meninggalkan kediamannya di London Barat. Dia mengatakan memiliki akses ke dokumen dari 2019 yang menghubungkan Abramovich dengan 'aktivitas memfitnah' selama bisnis di House of Commons.

"Tentunya Tuan Abramovich seharusnya tidak lagi dapat memiliki klub sepak bola di negara ini? Tentunya kita harus melihat penyitaan beberapa asetnya dan memastikan bahwa orang lain yang memiliki visa tingkat 1 seperti ini tidak terlibat dalam aktivitas memfitnah di Inggris," kata Bryant dikutip dari The Guardian, Jumat (25/2/2021).

Chris Bryant mendesak pemerintah Boris Johnson untuk menyita aset Abramovich di Inggris, termasuk Chelsea dan perusahaan investasinya yang berbasis di London, Millhouse LLC. Bryant mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dokumen Home Office tentang Abramovich dari 2019 menunjukkan bahwa oligarki tidak boleh diizinkan tinggal di Inggris. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut