get app
inews
Aa Read Next : Kolam Eks Galian Tambang di Kaltim sudah Telan 51 Jiwa, Mayoritas Anak-Anak

Meriahkan HUT RI ke-79, Pemprov Kaltim Gelar Festival Seni Budaya Internasional EBIFF

Kamis, 25 Juli 2024 | 06:01 WIB
header img
Sekprov Kaltim Sri Wahyuni berharap EBIFF mengenalkan Kaltim dan IKN ke dunia internasional. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kaltim digelar berbeda tahun ini. Pemprov akan menggelar East Borneo Internasional Folklore Festival (EBIFF), mulai Kamis (25/7/2024).

Festival seni budaya bertaraf internasional ini akan digelar hingga 31 Juli 2024 mendatang. Sesuai namanya, delegasi seni budaya dari sejumlah negara dipastikan terlibat.

Mulai dari Bulgaria, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Polandia, dan Amerika Serikat. Selain itu, sejumlah duta besar negara sahabat sudah mengonfirmasi akan menghadiri festival ini.

"Ini bagian kita membangun budaya antar bangsa, sekaligus mengenalkan Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," jelas Sekprov Kaltim Sri Wahyuni dikutip dari laman Adpim Kaltim, Kamis (25/7/2024).

Selain partisipan mancanegara, delegasi dari sejumlah provinsi juga bakal terlibat seperti Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan dan DI Yogyakarta.

"EBIFF digadang-gadang menjadi wadah promosi dan pelestarian untuk kesenian rakyat. Ajang ini menjadi upaya kita mengapresiasi seni," ucapnya.

Sri pun mengajak masyarakat Kaltim untuk menyemarakkan ajang EBIFF dan hadir menyaksikannya di Stadion Gelora Kadrie Oening, Creative Hub (eks Bandara Temindung) dan halaman Kantor Gubernur Kaltim.

"Kita minta masyarakat secara arif menerima mereka dan menjunjung tinggi adab orang timur (santun dan ramah) dalam pergaulan antar bangsa ini," harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ritin Sari Dewi menjelaskan, delegasi seni dari Mesir dan Makassar sudah tiba sejak Rabu 24 Juli 2024. Sementara delegasi Amerika Serikat, Bulagria, Polandia, Jepang dan Korea Selatan dijadwalkan tiba hari ini.

Termasuk partisipan nasional dari DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara dan Bangka Belitung.

Ajang EBIFF diawali dengan welcome dinner di Pendopo Odah Etam pada Kamis malam 25 Juli 2024. Setelah itu, akan dilakukan Kirab Budaya pada Jumat 26 Juli 2024, dimulai dari Hotel Five Premier (eks Hotel Selyca Plaza Mulia) hingga Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda.

"Pawai diikuti peserta mancanegara, partisipan nasional dan lokal, paguyuban dan komunitas," tambahnya.

Festival EBIFF ini akan melengkapi perhelatan Kaltim Expo atau pameran capaian pembangunan daerah yang ke-16. 
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut