get app
inews
Aa Read Next : Panduan dan Tata Cara Berkunjung ke IKN Nusantara untuk Umum, Wajib Daftar Online!

Presiden Joko Widodo Resmikan Istana Negara di IKN Nusantara

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 19:04 WIB
header img
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers seuisa meresmikan Istana Negara di IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Jumat (11/10/2024). (foto: ist/setpres)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Jumat (11/10/2024).

Sementara, peresmian Istana Garuda ditunda lantaran masih dalam proses finishing.

"Sore hari ini kita akan bersama-sama meresmikan Istana Negara di IKN Nusantara," kata Jokowi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, penyelesaian Istana Garuda masih membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Karena itu, peresmian Istana Garuda akan dilakukan Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang.

"Karena itu, saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu. Nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto," ujarnya.

Sekadar diketahui, Istana Garuda dan Istana Negara menjadi bagian dari Istana Kepresidenan di IKN. Kedua bangunan ini berlokasi di zona 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Istana Negara IKN dilengkapi basement dan lantai dasar serta lapangan upacara. Lapangannya bahkan sudah dipakai untuk Upacara Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 lalu. Istana Negara di IKN akan menjadi kediaman resmi presiden. 

Sementara, Istana Garuda berlokasi di belakang Istana Negara. Istana ini dirancang sebagai tempat presiden melakukan aktivitas kerja seperti menerima tamu dan menggelar rapat.

Tampilan Istana Garuda lebih mencolok ketimbang Istana Negara dengan bangunan bentuk Burung Garuda Raksasa dengan bentang sayap sepanjang 177 meter dan tinggi 77 meter.

Bangunan ikonik Istana Garuda ini dirancang Nyoman Nuarta dan dibangun di lahan seluas 55,7 hektare (ha) dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut