get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Ada-ada Saja, Ukraina Minta Komunitas Dunia Hapus Huruf Z karena Jadi Simbol Invasi Rusia

Rabu, 30 Maret 2022 | 12:05 WIB
header img
Tank lapis baja Rusia dengan simbol Z memasuki kota-kota di Ukraina. (Foto:Ist)

KIEV, iNewsKutai.id - Ukraina mengeluarkan permintaan nyeleneh kepada komunitas internasional. Kali ini, Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmytro Kuleba meminta agar huruf Z dalam abjad dihapus karena menjadi simbol invasi Rusia.

Huruf Z memang menjadi simbol Rusia dan mulai digunakan dalam persiapan invasi ke Ukraina. Seluruh kendaraan militer baik lapis baja maupun truk dicat dengan simbol Z. Namun, belum diketahui pasti alasan dibalik penggunaan huruf terakhir dalam abjad latin tersebut. 

Menyikapi hal tersebut, Dmytro Kuleba meminta agar seluruh dunia melarang penggunaan huruf 'Z'. Dia menafsirkan huruf latin itu sebagai tanda kejahatan Rusia yang menginvasi Ukraina sejak 24 Februari lalu. 

"Saya menyerukan semua negara untuk mengkriminalisasi penggunaan simbol 'Z' sebagai cara untuk secara terbuka mendukung perang Rusia melawan Ukraina. Dukungan publik terhadap barbarisme ini harus dilarang," kata Kuleba lewat Twitter dikutip dari RT, Selasa (29/3/2022).

Sebenarnya, Rusia tak hanya menggunakan huruf Z pada kendaraan militer yang dikerahkan ke Ukraina, tapi juga V. Di Rusia, dua huruf itu menjadi simbol yang diguakan luas untuk mendukung serangan militer terhadap Ukraina yang dimulai pada 24 Februari. 

Huruf tersebut banyak digunakan pada spanduk dan stiker mobil. Banyak teori tentang asal usul simbol huruf ini. Namun para pengamat dalam guyonan menyebutkan V dan Z mewakili inisial presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. 

Pengamat lain berspekulasi bahwa kedua huruf itu mewakili detasemen militer Rusia, Barat dan Timur. Sementara itu Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan pada awal Maret menjelaskan, huruf Z berarti kemenangan dan V kebenaran.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut