get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Bentrokan di Memberamo Raya Papua, Warga Dua Suku Saling Serang Pakai Panah dan Parang

Jum'at, 22 April 2022 | 22:07 WIB
header img
Ilustrasi bentrokan antar suku di Memberamo Raya, Papua. (Okezone)

MAMBERAMO RAYA, iNewsKutai.id - Bentrokan antara suku kembali pecah di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Jumat (22/4/2022). Suku Wamena dan Mamberamo saling serang menggunakan panah dan parang di Kantor Keuangan Pemkab Mamberamo Raya. 

Bentrokan dua suku ini dipicu unjuk rasa tenaga honorer di Kantor Bappeda Memberamo Raya. Mereka menuntut pembayaran honor triwulan pertama hingga April 2022 yang tidak kunjung dicairkan.

Namun upaya tenaga honorer menyampaikan aspirasinya itu diadang massa suku Wamena yang diduga berasal dari keluarga bupati. Akibatnya, bentrokan pun tak terhindarkan. Kedua kelompok massa saling serang dengan menggunakan panah, senjata tajam dan batu. 

Polres Memberamo yang mendapatkan laporan langsung menerjunkan pasukan pengendali massa. Aparat menyekat kedua kelompok agar bentrokan tidak berlanjut. Hingga saat ini, situasi di di Kampung Bormeso, Distrik Mamberamo Tengah, masih mencekam. Belum diketahui pasti jumlah korban dalam perang suku tersebut.

Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadani mengatakan, bentrokan terjadi berawal dari demonstrasi yang dilakukan tenaga honorer Pemkab Mamberamo Raya menuntut pembayaran honornya.

"Situasi keamanan sudah kembali kondusif, namun anggota masih berjaga-jaga di sekitar kawasan yang dianggap rawan," ujar Faizal, di Jayapura, Jumat (22/4/2022).

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut