6 Makanan Mengandung Karbohidrat Pengganti Nasi, Cocok untuk Menu Diet Sehat

Mirsya Anandari Utami
Makanan mengandung karbohidrat pengganti nasi. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Nasi putih menjadi salah satu makanan yang paling dihindari saat diet. Asupan karbohidrat berlebih dari beras bisa berdampak pada kenaikan berat badan.

Nasi memiliki angka indeks glikemik yang tinggi yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Namun, disaat bersamaan, asupan karbohidrat juga wajib dipenuhi karena berfungsi sebagai sumber energi tubuh. 

Sebagai alternatif, sejumlah makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, hingga sayuran banyak mengandung buah. Makanan ini bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Selain mengenyangkan, makanan tinggi karbohidrat ini juga menyehatkan.

Dirangkum dari berbagai sumber Sabtu (6/8/2022), berikut makanan mengandung karbohidrat pengganti nasi putih.

1. Brokoli 

Brokoli menjadi menu wajib bagi yang sedang diet. Sayuran ini mengandung karbohidrat. Menurut data USDA, Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram brokoli setara 6,64 gram karbohidrat dengan 34 kkal kalori. Selain itu brokoli juga mengandung protein dan vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

2. Kembang Kol 

Berdasarkan penelitian, dalam 100 gram kembang kol, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 4,97 gram dengan total kalori sebesar 25 kkal. Cara memasaknya pun mudah. Cukup dengan memotong bagian bunganya dan diparut, lalu kukus selama 5 menit. Nasi kembang kol sudah siap disantap. 

3. Mi Shirataki 

Mi shirataki terbuat dari glukomanan yang berasal dari tanaman konyaku, sejenis umbi-umbian. Makanan tradisional Jepang ini menjadi alternatif pengganti nasi karena sifatnya mengenyangkan. Sesuai dengan kemasan produk, seporsi mi shirataki (112 gram) setara 3 gram karbohidrat dan 9 kkal kalori. 

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network