5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Memicu Penyakit Ginjal, Batasi dari Sekarang!

Wiwie Heriyani
Makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit ginjal wajib diketahui. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit ginjal wajib diketahui menyusul merebaknya kasus gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Sejatinya, penyakit ginjal umumnya diderita orang dewasa. Faktor gaya hidup yang mengonsumsi makanan atau minuman kurang sehat, menjadi salah satu pemicu. Meski tidak langsung terasa, namun efek jangka panjangnya bisa memengaruhi kerja ginjal.

Ginjal yang mengalami kerusakan lama kelamaan akan memicu gagal ginjal. Karena itu, ada baiknya membatasi konsumsi lima makanan dan minuman berikut ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit ginjal: 

1. Makanan Tinggi Garam

Tidak banyak yang tahu, kelebihan garam membuat kerja ginjal menjadi lebih berat. Karena itu, disarankan membatasi konsumsi garam untuk menjaga kesehatan ginjal. Disarankan tidak lebih dari 2000 mg sodium setiap harinya. 

Batas asupan sodium yang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan ginjal tersebut setara dengan 1 hingga 1,5 sendok teh garam per hari. Ketika mengonsumsi terlalu banyak garam, ginjal bekerja lebih keras untuk membuang natrium yang berujung pada gagal ginjal. 

2. Makanan Minuman Tinggi Gula 

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan insulin sulit bekerja. Jika ini terjadi, seseorang bisa menderita penyakit diabetes. Ujungnya bisa mengakibatkan komplikasi pada ginjal yang disebut nefropati diabetik. Inilah alasan mengapa kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network