5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Memicu Penyakit Ginjal, Batasi dari Sekarang!

Wiwie Heriyani
Makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit ginjal wajib diketahui. (Foto: ilustrasi/Okezone)

3. Minuman Beralkohol 

Konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan kerusakan kesehatan hati. Menurut penelitian, jika hati rusak atau bermasalah, ginjal juga akan terdampak karena mencoba untuk mengkompensasi kerja hati yang rusak akibat konsumsi alkohol. Tak hanya itu, alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang memengaruhi ginjal Anda menyaring racun. Minuman tersebut juga bisa merusak ginjal dengan meningkatkan tekanan darah. 

4. Makanan Tinggi Fosfor 

Fosfor merupakan mineral yang penting untuk membentuk tulang dan gigi, dan juga membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat dan lemak. Namun, bagi Anda yang berisiko mengalami penyakit ginjal atau sudah mengidapnya, sebaiknya perlu membatasi asupan nutrisi tersebut. Makanan tinggi fosfor yang perlu dihindari antara lain produk susu, coklat, makanan yang dibumbui dan diproses, roti gandum, oatmeal, kacang-kacangan, dan cola berwarna gelap. 

5. Makanan Tinggi Protein Hewani 

Protein dibutuhkan untuk membantu membangun otot dan memperbaiki jaringan pada tubuh. Namun, nutrisi ini juga meninggalkan limbah yang harus dibuang oleh tubuh. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak protein, ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang limbah dan hal itu bisa mempercepat kerusakan ginjal. Anda dianjurkan untuk mendapatkan asupan tersebut dari buah-buahan, sayuran, serta nasi, roti dan pasta yang rendah garam.

Demikian 5 makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit ginjal.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Awas Jangan Dikonsumsi Berlebihan! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Gagal Ginjal)

Editor : Abriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network