Minuman Herbal untuk Atasi Sembelit, BAB Dijamin Lancar

Diana Rafikasari/Abriandi
Jahe bisa diolah menjadi minuman untuk mengatasi sembelit. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Minuman herbal untuk mencegah sembelit atau melancarkan buang air besar (BAB) menarik diulas. Hal ini dikarenakan tiak sedikit yang mengalami sembelit di pagi hari dalam bahasa Indonesia. 

Sulit BAB atau sembelit adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa saja. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami kurangnya serat makanan, cairan, atau olahraga dalam rutinitas mereka. 

Namun, penyebab sembelit juga bisa berasal dari kondisi medis atau obat-obatan tertentu. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi sembelit, ada sejumlah obat-obatan kimia yang kerap dikonsumsi penderitanya. Padahal, ada sejumlah minumal herbal yang dikenal ampuh mengatasi sulit BAB.

Dilansir dari india.com Minggu (15/10/2023) berikut minumal herbal untuk mengatasi sembelit.


1. Air Lemon Hangat

Minumlah segelas air hangat dengan perasan setengah buah lemon. Air lemon memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk merangsang pencernaan, menyeimbangkan pH di dalam usus, dan memberikan tambahan vitamin C.

2. Teh Jahe

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan mempromosikan pencernaan yang sehat. Anda dapat menyeduh teh jahe dengan mengiris jahe segar atau menggunakan bubuk jahe dan merendamnya dalam air panas. Teh jahe dapat membantu mengurangi gas dan kembung.

3. Teh Peppermint

Teh peppermint terkenal akan efek menenangkan pada sistem pencernaan. Minuman ini dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan, sehingga meredakan kembung dan gas yang mungkin Anda alami.

4. Cuka Sari Apel

Campurkan satu hingga dua sendok cuka sari apel mentah dengan segelas air. Minuman ini dapat membantu meningkatkan pencernaan, menyeimbangkan tingkat pH dalam perut, dan mengurangi masalah kembung.

5. Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan saluran pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda sebaiknya mulai dengan jumlah kecil, karena lidah buaya juga dapat memberikan efek pencahar.

6. Air Biji Adas

Biji adas memiliki sifat karminatif yang dapat membantu meredakan masalah gas dan kembung. Anda dapat merendam biji adas dalam air panas dan kemudian minumnya sebagai infus.

Selain minuman-minuman di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Pastikan untuk menjaga asupan serat yang cukup dalam diet Anda, minum cukup air, dan mencakup olahraga dalam rutinitas harian Anda. 

Semua hal ini dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus Anda. Jika masalah sembelit berlanjut atau menjadi lebih serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk saran lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di sindonews.com pada 10 Oktober 2023

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network