get app
inews
Aa Read Next : Nama Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik Sudah Dicatut Penipu, Minta Uang ke Pejabat dan BUMD

Dijanjikan Jadi Penyanyi Ibu Kota, Warga Samarinda Tertipu Agensi Artis Gadungan Rp600 Juta

Kamis, 15 September 2022 | 19:44 WIB
header img
Tersangka penipuan modus agensi artis Ahitanov Lanza alias  Ricky dalam rilis kasus di Mapolresta Samarinda. (foto: humas polresta samarinda)

Penyidik Unit Jatanras Polresta Samarinda kemudian bergerak cepat melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Setelah berhasil mengumpulkan bukti-bukti, pelaku Ahitanov Lanza alias Ricky akhirnya diamankan di kediamannya di Jakarta.

Dari hasil pemeriksaan sementara, uang hasil penipuan digunakan tersangka untuk membeli sejumlah barang. Mulai dari ponsel android, sound system, dua buah gitar listrik, gitar bass, mixer, satu computer (PC) game, kulkas, sepeda motor Kawasaki Ninja 250 CC warna hijau serta playstation.

"Semua barang bukti ini hasil dari uang yang diminta dari korban, dan seluruhnya kami kirim dari Jakarta ke Samarinda, dengan total kerugian sebesar Rp 600 juta, " terang perwira tiga melati tersebut.

Kombes Ary menambahkan, saat melakukan penipuan, pelaku beraksi seorang diri. Dia mampu meyakinkan korban karena sebelumnya pernah bekerja di sebuah agensi model dan menjadi seorang juri.

"Makanya pelaku ini dengan mudah mengelabui korbannya, karena mengetahui seluk beluknya. Kalau berapa kalinya bilangnya baru sekali ini dan korban juga baru ini," tandasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut