Logo Network
Network

Gelar Referendum, 4 Provinsi Ukraina Ini Hampir Pasti Gabung Rusia

Ahmad Islamy Jamil
.
Jum'at, 23 September 2022 | 11:10 WIB
Gelar Referendum, 4 Provinsi Ukraina Ini Hampir Pasti Gabung Rusia
4 provinsi Ukraina menggelar referendum penentuan bergabung dengan Rusia. (foto: reuters)

Ukraina sendiri menuduh Rusia menggunakan dalih referendum untuk menganeksasi empat wilayah tersebut. Hal ini serupa dengan pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014, yang sampai hari ini belum diakui masyarakat internasional.

Rencana referendum sebenarnya telah dibahas selama berbulan-bulan oleh otoritas pro-Moskow di keempat wilayah itu. Akan tetapi, kemenangan pasukan Ukraina baru-baru ini mendorong para pejabat tersebut untuk mempercepatnya. 

Sementara Rusia berpendapat, referendum adalah kesempatan bagi rakyat di kawasan itu untuk mengekspresikan pandangan terkait nasib tanah air mereka sendiri. 

“Sejak awal operasi ... kami mengatakan bahwa masyarakat di wilayah masing-masing harus memutuskan nasib mereka, dan seluruh situasi saat ini menegaskan bahwa mereka ingin menjadi tuan atas nasib mereka sendiri,” kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, pekan lalu. 

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : 4 Wilayah Ukraina Hari Ini Gelar Referendum, Siap Gabung dengan Rusia)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.