Logo Network
Network

Jokowi Bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino, Ini Poin Kesepakatannya

Raka Dwi Novianto
.
Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:06 WIB
Jokowi Bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino, Ini Poin Kesepakatannya
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta. (foto: ist/setpres)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Pertemuan  tersebut membahas pengembangan sepak bola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa.

Meski membahas sepak bola Indonesia, tidak satu pun perwakilan PSSI yang terlihat mendampingi Jokowi saat bertemu Gianni Infantino. Jokowi beralasan karena pembahasan terkait urusan PSSI dengan pemerintah.

"PSSI nanti urusannya dengan FIFA. Ini urusan FIFA dengan pemerintah," kata Jokowi dalam konferensi pers usai pertemuan.

Dia menjelaskan, ada 5 poin yang disepakati dalam pertemuan tersebut. Mulai dari transformasi sepak bola Indonesia hingga pengembangan sepak bola hingga infrastruktur berdasarkan standar FIFA.

Berikut 5 poin kesepakatan pemerintah dengan FIFA.

1. FIFA Uji Kelayakan Stadion di Indonesia

Presiden FIFA Gianni Infantino sepakat mengkaji kelayakan stadion sepak bola di Indonesia. Nantinya teknologi juga bakal diterapkan. Jokowi mengatakan penerapan teknologi untuk mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton dan pemain. 
"Kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion. Dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton ataupun pemain," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/10/2022). 

2. Bantu Pendidikan Sepak Bola

FIFA berjanji memberikan pendidikan sepak bola di sekolah-sekolah. Ini demi menciptakan iklim sepak bola yang tenteram dan sudah tertanam di generasi muda.

"Sekolah-sekolah proyek soal sepak bola kita juga akan ambil peran juga bersama pemerintah,” kata Jokowi. 

Untuk mewujudkan itu semua, Gianni berencana mendatangkan ahli-ahli terbaik yang FIFA miliki ke Indonesia. Dia bertekad membawa sepak bola Indonesia bisa bergema di dunia internasional. 

"Sebab dari infrastruktur itu merupakan bagian yang terbesar yang menjadi penyebab tragedi di stadion itu terjadi. Kami akan membawa ahli-ahli, kami akan membantu yang terbaik dan kami akan memastikan Indonesia bisa menembus sepakbola dunia,"  ujanya. 

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.