get app
inews
Aa Read Next : Turki Diambang Kudeta, Erdogan Tak Mau Kecolongan Lagi

Gegara Jadi Imam Salat di Masjid Hagia Sophia, Ulama Terkenal Arab Saudi Dihukum 12 Tahun Penjara

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 08:35 WIB
header img
Ulama terkenal Arab Saudi, Sheikh Abdullah Basfar dijatuhi hukuman 12 tahun penjara oleh Pengadilan Arab Saudi karena menjadi imam salat di Hagia Sophia, Turki. (foto: quran.com)

RIYADH, iNewsKutai.id - Ulama terkenal Arab Saudi, Sheikh Abdullah Basfar dijatuhi hukuman 12 tahun penjara oleh Pengadilan Arab Saudi karena menjadi imam salat di Hagia Sophia, Turki.

Kasus yang menyeret Sheikh Abdullah Basfar yang juga qori terkenal itu terjadi pada 2014 lalu ketika dirinya menerima undangan untuk memimpin jamaah di halaman masjid Hagia Sophia di Turki.

,"Kami mengutuk putusan itu...dan meminta pihak berwenang untuk membebaskannya tanpa syarat," kata organisasi hak asasi manusia (HAM) Arab Saudi, Prisoners of Conscience dalam pernyataannya dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (20/10/2022). 

Sebelum ditangkap, Sheikh Basfar memegang jabatan profesor asosiasi dalam Studi Syariah dan Islam di King Abdulaziz University, Jeddah dan menjadi ulama terkemuka di kerajaan.

Nasibnya berbalik 180 derajat ketika videonya memimpin salat di halaman situs Hagia Sophia pada 2014 muncul dan menyebar secara online pada Agustus 2020. Dia kemudian ditangkap polisi Arab Saudi dan ditahan dalam dua tahun terakhir.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut