get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Dulu Dilatih Navy SEAL, Pasukan Khusus Afghanistan Kini Jadi Tentara Bayaran Rusia Lawan Ukraina

Selasa, 01 November 2022 | 11:30 WIB
header img
Pasukan khusus Afghanistan direktut jadi tentara bayaran Rusia melawan Ukraina. (foto: wsaz.com)

MOSKOW, iNewsKutai.id - Pasukan Khusus Afghanistan diduga direkrut Rusia sebagai legiun asing untuk bertempur di Ukraina. Keterlibatan pasukan yang dilatih Navy SEAL dan Baret Hijau Amerika Serikat (AS) itu menjadi kabar buruk bagi Kiev.

Ribuan pasukan tersebut disebut direkrut kontraktor militer Rusia, Wagner Group dengan bayaran 1.500 dolar AS atau setara Rp23 juta perbulan. Mereka juga diiming-imingi perlindungan agar tidak dideportasi ke Afghanistan.

Michael Mulroy, pensiunan perwira CIA yang bertugas di Afghanistan menggambarkan jika pasukan komando Afghanistan adalah pejuang yang sangat terampil dan berbahaya. 

“Saya tidak ingin melihat mereka di medan perang mana pun, terus terang, tentu saja tidak melawan Ukraina,” jelasnya.

Mulroy yakin jika Rusia akan mampu membujuk banyak pasukan komando Afghanistan untuk bergabung. Sebab, menurutnya sebagian besar pasukan khusus itu ingin agar demokrasi bekerja di negara mereka, daripada menjadi senjata untuk disewa.

Dilansir The Associated Press, bocoran keterlibatan pasukan khusus itu diungkapkan tiga mantan jenderal Afghanistan. Abdul Raof Arghandiwal mengungkapkan sempat berkomunikasi dengan belasan tentara terlatih tersebut.

"Mereka bertanya kepada saya, apa yang harus mereka lakukan karena jika kembali ke Afghanistan, Taliban akan membunuh mereka,” ungkap Arghandiwal.

Kelemahan itu yang digunakan Wagner Group untuk merekrut pasukan khusus tersebut. Tidak hanya diberi gaji, mereka juga memberikan perlindungan untuk keluarga dari kemungkinan dipulangkan ke Afghanistan.

Pasukan khusus tersebut mayoritas berada di Iran setelah melarikan diri dari Afghanistan. Pasalnya, mereka sebelumnya bertempur bersama Amerika Serikat untuk melawan Taliban yang kini kembali berkuasa.

Mantan panglima militer Afghanistan Hibatullah Alizai mengatakan, upaya perekrutan juga dibantu mantan komandan pasukan khusus Afghanistan yang tinggal di Rusia. 

Sebuah laporan kongres GOP pada Agustus lalu memperingatkan bahaya jika pasukan komando Afghanistan memberikan informasi tentang taktik AS kepada kelompok  berbahaya. 

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Rusia Rekrut Eks Pasukan Khusus Afghanistan untuk Bertempur di Ukraina)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut