get app
inews
Aa Read Next : Enam Hektar Lahan Terbakar di Gunung Padai, Dua Pelaku Terancam 10 Tahun Penjara

Gelar Operasi Keselamatan Mahakam 2023, Polres Berau Terapkan Tilang Elektronik

Selasa, 07 Februari 2023 | 21:28 WIB
header img
Polres Berau akan menerapkan tilang elektronik selama Operasi Keselamatan Mahakam 2023. (Foto: ilustrasi/Dok iNews.id)

TANJUNG REDEB, iNewsKutai.id – Peringatan bagi pengendara yang kerap melakukan pelanggaran lalu lintas. Polres Berau akan menerapkan tilang elektronik bagi para pelanggar selama Operasi Keselamatan Mahakam 2023.

Operasi yang dimulai Selasa (7/2/2023) ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan pengendara. Pengguna jalan yang melakukan pelanggaran lalu lintas tidak akan ditilang di tempat melainkan surat tilang dikirim ke rumah.

Kabag Ops Polres Berau Kompol Febriadi Silvano Muabuay menyatakan, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan menyambut Ramadan. Operasi ini akan digelar hingga 20 Februari 2023 mendatang.

"Operasi ini digelar secara persuasif, preventif, dan mengandalkan tilang elektronik Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE. Karena itu, personel diimbau untuk bersikap humanis dan simpatik kepada pelanggar lalu lintas," jelasnya, Selasa (7/2/2023). 

Dia pun berpesan agar jajarannya melaksanakan Operasi Keselamatan Mahakam secara bertanggung jawab, hindari pelanggaran, dan jaga keselamatan diri.

Kasat Lantas Polres Berau AKP Edo Damara Yudha menambahkan, selama operasi digelar, pihaknya tidak akan memberhentikan pengendara yang melanggar. Sebaliknya, polisi akan menerapkan tilang elektronik, ETLE mobile ataupun statis.

"Jadi pengendara yang melanggar tidak akan diberhentikan untuk ditilang tetapi kami akan melakukan patroli-patroli secara mobile, bergerak pada tempat-tempat yang memang sering terjadi pelanggaran,” terang dia.

Menurutnya, ada sejumlah pelanggaran umum yang menjadi target operasi mulai dari melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan helm, dan pengendara di bawah umur. Selain itu, Polres Berau bakal menertibkan kendaraan yang menggunakan strobo tidak sesuai peruntukkannya.

"Ini memang sasaran-sasaran yang banyak terjadi kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas korban di Berau. Semoga bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Operasi Keselamatan Mahakam 2023 ini melibatkan ratusan personel gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Jasa Raharja.
 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut