get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Syawal dan Keutamaan Mengerjakannya setelah Idul Fitri

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami Usai Santap Menu Lebaran

Minggu, 23 April 2023 | 06:23 WIB
header img
Cara menurunkan kolesterol tinggi dalam darah usai menyantap menu Lebaran. (Foto: ilsutrasi/Okezone/IG Indryhapsary)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Cara menurunkan kolesterol dalam darah penting diketahui seiring dengan perayaan Lebaran. Hal ini dikarenakan menu makanan pada hari raya Idul Fitri didominasi makanan berkolesterol tinggi.

Mulai dari makanan daging-dagingan, mengandung santan, hingga kue kering yang bisa memicu peningkatan kolesterol dalam darah. 

Jika tidak pandai-pandai mengatur asupan makanan saat silaturahmi dengan keluarga, makanan lezat yang tersaji di meja makan bisa menjadi masalah. 

Namun, tidak perlu khawatir, ada sejumlah cara menurunkan kolesterol secara alami dan mudah didapatkan dari lingkungan sekitar dilansir dari Sindonews, Minggu (23/4/2023).

Cara Menurunkan Kolesterol dalam Darah secara Alami 

1. Kunyit 

Kunyit selama ini dikenal sebagai bumbu dapur. Tanaman yang mengeluarkan warna kuning ini juga banyak digunakan sebagai ramuan herbal. 

Salah satu manfaat pentingnya adalah menurunkan kolesterol. Manfaat ini bisa ditemukan pada kunyit putih dan bisa jadi alternatif obat alami bagi penderita kolesterol serta trigliserida tinggi.

2. Jahe 

Bumbu dapur ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia menunjukkan jika 30 orang yang meminum 5 gram jahe setiap hari, mampu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan. Jahe juga efektif melawan virus pernapasan syncytial (RSV), penyebab umum infeksi pernapasan. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut